Menjahit Bahan Kaos Dengan Mesin Jahit Biasa

Bahan kaos dikenal sebagai salah satu jenis bahan pakaian yang paling banyak dicari dan paling banyak digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Salah satu alasannya, karena bahan kaos tersebut dianggap memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik meski digunakan di daerah yang bercuaca panas sekalipun.

Karena bahan kaos memiliki tekstur dan karakteristik yang jauh berbeda dengan bahan kain pada umumnya, maka untuk menjahit bahan kaos sendiri pada dasarnya dibutuhkan teknik dan keterampilan tersendiri. Sebab jika terlalu dipaksakan sahabat Fitinline pasti akan mengalami banyak kendala yang cukup berarti.

Untuk menjahit bahan kaos sendiri sebenarnya sudah tersedia mesin jahit khusus yang memang sengaja didesain untuk menjahit bahan kaos, sebut saja mesin jahit high speed dan mesin overdeck yang dibekali kemampuan menjahit sekaligus mengobras kampuh kain. Lantas apakah mesin jahit biasa tidak dapat digunakan untuk menjahit bahan kaos?.

Menjahit bahan kaos menggunakan mesin jahit portable atau mesin jahit biasa pada dasarnya memang bisa dilakukan, tentunya dengan trik khusus agar jahitan yang dihasilkan bisa semulus dan serapi hasil jahitan mesin jahit industri (high speed) maupun overlock. Salah satunya dengan cara melapisi bahan kaos dengan selembar kertas.

Mula-mula siapkan bahan kain yang akan dijahit beserta satu lembar potongan kertas. Untuk memudahkan proses menjahit lebih baik kertas tersebut digunting kecil mengikuti kain yang akan dijahit. Letakkan kertas pada bagian atas kain tepat di area jalur jahitan, kemudian jahit kertas dan kain tersebut secara bersamaan.

Pastikan benang selalu menempel pada kertas agar benang jahitnya bisa terkait sempurna pada bahan kaos.
Tarik kertas secara perlahan hingga terlepas dari jahitan.

Cukup mudah bukan, selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

sumber : https://fitinline.com/article/read/menjahit-bahan-kaos-dengan-mesin-jahit-biasa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Bingung, Tanya disini